Sabtu, 06 April 2013

Lomba Menari Cuci Tangan Pakai Sabun


17 Maret 2013

Minggu yang cerah ini, dr.agung, usman, dan yuk utri pergi posyandu dan imunisasi ke wongkodono bersama pak camat. Saya dan fitri standby dirumah, berjaga-jaga bila ada pasien sambil mengajar anak-anak Tomado, namun hari itu anak-anak anca juga datang karena kemarin hujan mereka tidak bisa belajar di rumah kami sesuai jadwalnya. Hari ini berbeda dengan hari minggu sebelumnya, karena hari ini setelah belajar, kami akan mengadakan lomba menari lagu cuci tangan pakai sabun yang diikuti dari anak-anak Desa Tomado, Desa Anca, dan Dusun Kalora yang rutin belajar di rumah. baca tulisan  sebelumnya tentang belajar lagu "kebiasaan baru" di disini
anak-anak sedang mencuci tangan sebelum memakan hidangan camilan buatan kami :)


Mengajar sambil promosi kesehatan ini kami anggap cukup efektif dilakukan, mereka sangat  antusias saat kami merencanakan lomba menari ini. mereka rajin latihan setiap pulang sekolah. Lagu ini sudah sebulan yang lalu kami ajarkan, lagunya mengenai kebiasaan mencuci tangan pakai sabun. Karena lagunya belum familiar ditelinga anak-anak sehingga kami memberikan waktu sebulan untuk mereka untuk berlatih menari lagu “kebiasaan baru”. Kegiatan  ini merupakan bagian dari program 3 in 1 dari Tim PN Lindu, yaitu Belajar, bermain, sambil berkreatifitas, yang semuanya mengarah pada promosi kesehatan, dan diharapkan mereka dapat menjadi peer educator.

Lombapun diadakan di teras puskesmas. acarapun mulai, untuk menentukan urutan tampil, kami membuat undian. Anak-anak kalora tampil duluan, kemudian tomado, dan diakhiri anca.
kelompok kalora sedang menari cuci tangan pakai sabun

kelompok tomado sedang menari cuci tangan pakai sabun
kelompok anca sedang menari cuci tangan pakai sabun


Setelah semua kelompok tampil, saya dan fitri melakukan Penilaian sambil merewind ulang video yang telah kami rekam.  Penilaian pertama untuk kelompok kalora, mereka sudah menunjukkan gerakan cuci tangan, namun belum telalu jelas dan irama lagunya agak berubah.  Penilaian untuk kelompok tomado,mereka mempunyai suara yang bagus namun mereka tampil kurang maximal karena kehilangan anggotanya karena 2 orang sakit dan 1 orang lagi turun ke palu. Gerakan mencuci tangannya juga belum pas menurut kami. Dan kelompok anca tampil dengan kompak  memakai seragam olahraga, dan gerakan cuci tangan pakai sabun yang sesuai dengan yang kami inginkan. Videonya sudah diupload di youtube, klik disini untuk melihat videonya. ini link channel youtube tim Lindu, untuk melihat video PN Lindu Lainnya. 

Akhirnya anak-anak ancapun terpilih sebagai pemenang, dan mendapat hadiah kado sederhana dari kami. Setelah itu acara ditutup dengan menyanyikan lagu “kebiasaan baru” bersama-sama, suara anak-anak bergemuruh di teras puskesmas menyanyikan lagu tersebut.


 
kelompok SD Inpres Kalora

kelompok anak SD BK Tomado

kelompok anak SDN Anca, sang juara Lomba CTPS sedang memegang hadiah sederhana dari kami

SAY INDONESIA !!!!



ciao!
dr. Darsuna Mardhiah
Pencerah Nusantara Lindu batch I

2 komentar:

  1. Hebaat Darsunaaa
    jaga diri disana jangan sampe nyeri punggungnya kumat lagi ya
    masih ada enam bulan ke depan
    Kangeeen...pgen cpet ketemu!

    BalasHapus
  2. @PN Pasuruan: Laskar Pencerah kalian juga keren bgt mak.. kita malah belom jalan Laskar penyuluhnya hahahhaa...

    BalasHapus